Sugeng Rawuh
image

PEPADI JATENG


Hambangun budi pakarti tumrap jagad pewayangan
Unduhan
Pengunjung

Gagakbaka

image

GAGAKBAKA adalah patih negara Jodipati, semenjak jaman Arya Dandunwacana, sampai kemudian diserahkan kepada Bima/Werkudara setelah keluarga Pandawa berhasil membangun negara Amarta di bekas hutan Mertani.

Gagakbaka berperawakan tinggi besar dan gagah perkasa.  Gagakbaka sangat setia dan taat dalam pengabdiannya terhadap negara dan junjungannya. Gagakbaka pernah disuruh oleh Bima pergi kepertapaan Pandansurat untuk meminta kesediaan Resi Prancandaseta (Kera putih) menari di alun-alun negara Dwarawati memeriahkan upacara perkawinan Arjuna dengan Dewi Sumbadra.

Pada mulanya Resi Pancandaseta menolak. Tapi setelah kalah berperang  melawan Gagakbaka akhirnya bersedia pula datang dan menari di alun-alun Dwarawati. Gagakbaka ikut terjun ke medan perang Bharatayuda memimpin pasukan balatentara Jodipati. Gagakbaka tewas dalam pertempuran melawan Prabu Salya, raja negara Mandaraka.

Sat, 5 Jan 2013 @14:14
Tags: gagakbaka


1 Komentar
image

Sun, 19 Jan 2014 @09:47

su.harto

Dilihat dari penampilan tokoh Gagak Baka ini persis dengan Bratasena,dari kepala, rambut, kalung, kampuh, gelang sampai kuku pancanaka dll, saya jadi penasaran, alangkah senangnya kalau bapak2 dari Pepadi bisa melengkapi asal mula Gagak Baka ini berada s.d ketemu dg Bratasena yg smpai akhirnya dijadikan patih di Jodipati, mohon beribu maaf dan matur suwun atas segala perhatiannya ( Suharto Bandung )


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 Pepadi Jateng · All Rights Reserved