Sugeng Rawuh
image

PEPADI JATENG


Hambangun budi pakarti tumrap jagad pewayangan
Unduhan
Pengunjung

Mengenal Sejarah Wayang

Wayang dikenal oleh bangsa Indonesia sudah sejak 1500 th. sebelum Masehi, karena nenek moyang kita percaya bahwa setiap benda hidup mempunyai roh/jiwa, ada yang baik dan ada yang jahat. Perkembangan bentuk wayang juga menga lami perkembangan ragamnya, yakni mulai dari rumput, kulit kayu, kulit binatang ( wayang kulit ), wayang lukisan kain ( wayang beber ) dlsb. Wayang bukan hanya sekedar tontonan tetapi juga tuntunan dalam kehidupan untuk mencapai kebahagiaan baik di dunia maupun di akherat dalam tingkat kesempurnaan abadi, sehingga tokoh-tokoh di pewayangan di identikkan dengan sifat-sifat manusia dan alam didalam kehidupan sehari-harinya.

selengkapnya...

Sun, 26 Feb 2017 @07:19

WAYANG SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

Sebelum makalah ini dipresentasikan dalam Kongres Pewayangan II, sudah dipresentasikan wayang sebagai media pendidikan formal oleh Ketua Pepadi, saya dapat tugas presentasi wayang sebagai media pendidikan nonformal. Dalam makalah ini saya menulis berdasarkan pemikiran pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan Ki Hadjar Dewantara, pendidikan tidak bisa dipisahkan dengan pengajaran dan kebudayaan. Demikian juga ranah pendidikan formal, informal, dan nonformal tidak bisa dipisahkan.

selengkapnya...

Sun, 26 Feb 2017 @07:10

SENI PERTUNJUKAN WAYANG SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN

Oleh: Dr. Sayanto, S.Kar., MA. A. Pendahuluan Pendidikan adalah bagian dari sistem pengetahuan yang merupakan bagian dari kebudayaan manusia. Sebagaimana diutarakan oleh Koenjaraningrat (1981: 202-209), bahwa kebudayaan merupakan sistem dalam kehidupan manusia yang mencakup sistem religi, sistem bahasa, sistem pengetahuan, sistem pencaharian, sistem kemasyarakatan, sistem bercocok tanam, dan sistem kesenian. Pendidikan mengarahkan manusia kepada cara berpikir cerdas dan rasional. Seperti tercantum di dalam pembukaan UUD 45, bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dengan demikian dapat ditarik pengertian bahwa sebagai suatu bangsa harus memiliki kecerdasan dalam berpikir, mampu memelihara perdamaian dalam kehidupan bersama di muka bumi, dan mampu menegakkan kebenaran yang seadil-adilnya.

selengkapnya...

Sun, 26 Feb 2017 @07:05

Meningkatkan Peranan Dalang, Pesindhen dan Keunggulan Pewayangan Di Era Kesejagatan

Meningkatkan Peranan Dalang, Pesindhen dan Keunggulan Pewayangan Di Era Kesejagatan. Oleh: Ki Sutadi

selengkapnya...

Fri, 11 Nov 2016 @18:34

Kebebasan VS Pakem

Berbicara tentang kesenian termasuk dunia pedalangan dan atau pakelir-an sangat berbeda dengan bidang ilmu di bidang kesenian sulit untuk meng-hindari subyektivitas pribadi pembicaranya seperti nani akan terjadi dalam makalah ini, sekalipun selalu diusahakan untuk mengatakan secara obyektif.

selengkapnya...

Sat, 26 Sep 2015 @10:09

SK PEPADI Provinsi Jawa Tengah Masa Bakti 2013 - 2018

Keputusan Ketua Umum PEPADI Pusat tentang Pengesahan Pengurus SK PEPADI Provinsi Jawa Tengah Masa Bakti 2013 - 2018.

selengkapnya...

Fri, 25 Sep 2015 @10:37

Fungsi dan Peran Wayang

Fungsi dan peran bagi saya merupakan dua kata yang sulit di-bedakan, sebab dalam penggunaan dan/atau praktik di lapangan sering tumpang tindih.

selengkapnya...

Mon, 21 Sep 2015 @12:38

Filsafat Pewayangan

Saya bukan dalang, juga bukan pengrawit yang serba bisa dalam memainkan musik gamelan, namun demikian karena mulai umur 15 tahun saya sudah mulai cikal bakal musik karawitan bersama-sama para perintis cikal- bakal yang dipimpin pak Marto Sarpa atau Marta ngendong suling saya mulai timbul niat untuk dapat mengikuti jejaknya Pak Marto Sarpo. Sukur Alhamdulilah dapat sejarah sejarah dengan Pak Marto Sarpo antara tahun 1940 sampai dengan tahun 1965.

selengkapnya...

Mon, 21 Sep 2015 @12:22

Kesenian merupakan landasan hidup manusia dimanapun dan pada kesempatan apa pun. Kesenian pada hakikatnya mencerminkan ungkapan kehidupan suatu bangsa dan sangat berperan dalam memperkuat kepribadian, dan ketahanan nasional. Oleh karena itu kesenian perlu dilindungi, dilestarikan, dibina dan dikembangkan.

selengkapnya...

Wed, 19 Feb 2014 @13:56

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI KONGRES PEWAYANGAN II, TAHUN 2013

KongresPewayangan II yang berlangsung di Yogyakarta tanggal 22-24 Agustus 2013, dengandihadiri 100-an pesertadariutusanPemerintahProvinsi di Indonesia, Para SenimandanBudayawanPewayangan. Setelahmendengarkan saran masukandariparanarasumberdanpemikiranpesertakongres, menghasilkanKesimpulandanRekomendasi, sebagaiberikut:

selengkapnya...

Wed, 8 Jan 2014 @13:13

Gagakbaka

image

GAGAKBAKA adalah patih negara Jodipati, semenjak jaman Arya Dandunwacana, sampai kemudian diserahkan kepada Bima/Werkudara setelah keluarga Pandawa berhasil membangun negara Amarta di bekas hutan Mertani.

selengkapnya...

Sat, 5 Jan 2013 @14:14
Tags: gagakbaka

Endra / Indra

image

SANGHYANG INDRA adalah Dewa Keindahan yang memerintan dan menguasai bidadari / hapsari di Kahyangan Kainderan. Ia merupakan putra ketiga Sanghyang Manikmaya, raja Tribuana dengan permasuri Dewi Umayi. Sanghyang Indra mempunyai lima orang saudara kandung masing-masing bernama, Sanghyang Sambo, Sanghyang Brahma, Sanghyang Bayu, Sanghyang Wisnu dan Bathara Kala. Ia juga mempunyai tiga orang saudara seayah lain ibu, putra Sanghyang Manikmaya dengan Dewi Umarakti yaitu ; Sanghyang Cakra, Sanghyang Mahadewa dan Sanghyang Asmara.

selengkapnya...

Sat, 5 Jan 2013 @14:10
Tags: endra

Erawati

image

DEWI ERAWATI adalah putri sulung Prabu Salya raja negara Mandaraka dengan permaisuri Dewi Pujawati/Setyawati putri tunggal Bagawan Bagaspati dari pertapaan Argabelah. Ia mempunyai empat saudara kandung masing-masing bernama; Dewi Surtikanti, Dewi Banowati, Arya Burisrawa dan Bambang Rukmarata.

selengkapnya...

Sat, 5 Jan 2013 @14:06
Tags: erawati

Ekalaya

image

EKALAYA atau Ekalya (Mahabharata) dalam cerita pedalangan dikenal pula dengan nama Palgunadi. Ekalaya adalah raja negara Paranggelung. Ekalaya mempunyai isteri yang sangat cantik dan sangat setia bernama Dewi Anggraini, putri hapsari/bidadari Warsiki. Ekalaya seorang raja kesatria, yang selalu mendalami olah keprajuritan dan menekuni ilmu perang.

selengkapnya...

Sat, 5 Jan 2013 @13:59
Tags: ekalaya

Sri Mantuk

image

Syahdan beberapa negara dilanda malapetaka. Dewa bersabda kepada para raja negara- negara yang tertimpa kenistapaan bahwa mereka akan dapat terhindar dari bahaya dan menjadi subur makmur negaranya, jika dapat membawa Dewi Sri. Berkatalah Prabu Matswapati kepada para putra, Hai Seta, Wratsangka, dan Utara, pergilah kalian sekarang juga ke negara Astina. Sampaikanlah permintaanku, agar Prabu Kresnadipayana berkenan untuk datang ke negara Wirata. Itulah sabda dewa kepadaku, dan jangan lupa membawa Dewi Sri ke Wirata. Usahakan jangan sampai tak terlaksana.

selengkapnya...

Fri, 28 Dec 2012 @21:59

Srimahapunggung

image

Raden Sadana, di Dukuh Medhangagung, dengan dihadap oleh pengasuhnya: kyai buyut Tuwa, kyai empu Cukat, dan kyai Wayungyang, sedang menerima kedatangan kakandanya, Dewi Sri. Berkatalah Dewi Sri, Duhai, dinda Srisadana, istana Medhangkamulan kutinggalkan, sebab ayahanda Srimahapunggung murka kepadaku, karena menolak kehendak beliau akan mengawinkan aku dengan dengan prabu Pulagra dari kerajaan Medhangkumuwung.

selengkapnya...

Fri, 28 Dec 2012 @21:40

Udan Mintaya

Lakon ini menceritakan tentang keadaan di Kerajaan Dwarawati kekurangan air karena sudah beberapa tahun tidak hujan. Demikian juga di kahyangan juga kekurangan air.

selengkapnya...

Sat, 22 Dec 2012 @09:09

Wisnu Rabi

Sang Hyang Pramesti Guru, akan mengawinkan Batara Wisnu dengan Dewi Pratiwi, putri Batara Ekawara dari Kahyangan Ekapratala. Untuk melaksanakan niat tersebut Batara Guru mengutus Batara Narada untuk menjemput Dewi Pratiwi. Namun ternyata Dewi Pratiwi menolak jemputan itu karena ia mempunyai permintaan atau syarat, ia hanya akan kawin dengan pria yang dapat membawakan bunga Wijayakusuma.

selengkapnya...

Sat, 22 Dec 2012 @09:06

Bedah Lokapala

Lakon ini menceritakan keangkaramurkaan Prabu Rahwana raja Alengka, yang membuat prihatin Prabu Danaraja, raja Lokapala. Karena itu Danapati mengutus Gohmuka untuk mengantarkan surat peringatan sekaligus nasehat kepada Rahwana.

selengkapnya...

Sat, 22 Dec 2012 @08:43

Peningkatan Peran Dalang dan Keunggulan Pewayangan Menyongsong Visit Jawa Tengah Tahun 2013

Di balik penggambaran tentang indahnya wayang waktu itu, Ki Dalang memegang peranan yang amat menentukan. Konsep dalang merujuk pada tokoh atau sosok utama dalam pewayangan. Peran dan fungsinya begitu penting dan strategis. Dalam manajemen, dalang adalah manajer utama, atau pemegang top management yang memiliki peran amat penting di jagad pewayangan dan pakeliran. Dengan peranan yang dimainkan Ki Dalang, nuansa dan pesona wayang dipergelarkan. Di balik wayang ada sang dalang yang berada di posisi sentral. Dinamika dan keindahan pergelaran wayang sangat ditentukan oleh sosok dalang.

selengkapnya...

Fri, 17 Aug 2012 @16:27

MUSYAWARAH NASIONAL (MUNAS) PEPADI KE-V 2008

MUSYAWARAH NASIONAL (MUNAS) PEPADI KE-V 2008 November 24th, 2008

selengkapnya...

Fri, 17 Aug 2012 @16:22

Pewayangan Dan Pariwisata Di Provinsi Jawa Tengah

Tokoh-tokoh dari wayang kulit biasanya adalah gambaran dari kisah-kisah klasik Ramayana dan Mahabaratha, yang mencerminkan gambaran kehidupan manusia. Kemampuan dalang adalah hal yang paling berperan. Terutama ketika memainkan penokohan wayang dari balik tabir dan memunculkan bayang bayang wayang, kemudian diiringi gamelan musik Jawa dengan balutan suara sinden semakin menyempurnakan pertunjukan. Fenomena seperti inilah yang menghasilkan sebuah pertunjukan mahakarya seni

selengkapnya...

Fri, 17 Aug 2012 @16:14

WAYANG POO THE HIE

Wayang Potehi tak sekadar manggung saat upacara kaum Tionghoa. Potehi kini telah menjadi hiburan publik, menjelma lewat pementasan di mal, rumah makan dan lain sebagainya. Potehi sekarang bukan hanya untuk ritual semata, tapi sudah menjadi hiburan di mal, rumah pasar malam, rumah makan dan ruang publik lain.

selengkapnya...

Thu, 16 Aug 2012 @08:21

Pagelaran Wayang Kulit dan Dialog Budaya "Semar Mbangun Kayangan"

Seni Budaya wayang kulit merupakan salah satu budaya yang sudah ada sejak jaman para wali, wayang kulit juga merupakan salah satu budaya dan karakter Bangsa Indonesia. Demikian yang disampaikan oleh Ketua penyelenggara Dialog budaya tentang karakter bangsa, dr Subagyo Partodiharjo dari Fraksi Partai Demokrat, keterangan ini disampaikan pada saat melakukan jumpa pers di gedung Nusantara III gedung DPR Senayan Jakarta Pusat, Rabu, (29/2) siang.

selengkapnya...

Thu, 16 Aug 2012 @08:19

Wayang Kulit Kolaborasi Di Patenkan

Wayang Kulit Kolaborasi Di Patenkan

selengkapnya...

Thu, 16 Aug 2012 @08:17

1 2 3 »

Copyright © 2018 Pepadi Jateng · All Rights Reserved