Sugeng Rawuh
image

PEPADI JATENG


Hambangun budi pakarti tumrap jagad pewayangan
Unduhan
Pengunjung

Wayang, Karya Agung Dunia

Pada tahun 1989 UNESCO memusatkan perhatian kepada perlindungan budaya tradisional. Di mana-mana disebarluaskan upaya pelestarian dan pengembangan budaya tradisional, juga termasuk adat istiadat dan kesenian di Indonesia. Pada tahun 1997 UNESCO menyusun peraturan mengenai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity (Karya-karya Agung Lisan Tak Benda Warisan Manusia)

selengkapnya...

Mon, 23 Jul 2012 @09:56

KEPUTUSAN KONGRES PEWAYANGAN 2005

Merupakan Keputusan Kongres Pewayangan 2005 di Kota Yogyakarta

selengkapnya...

Mon, 23 Jul 2012 @09:46

Sejarah Dan Perkembangan Wayang Kulit Purwa

Uraian Sekilas Tentang Sejarah dan Perkembangan Wayang Kulit

selengkapnya...

Wed, 11 Jan 2012 @04:19

Gamelan Dalam Artefak Budaya

Uraian Tentang Gamelan Dalam Artefak Budaya

selengkapnya...

Wed, 11 Jan 2012 @04:05

Dalang Di Balik Wayang

Peranan Dalang Di Balik Wayang

selengkapnya...

Wed, 11 Jan 2012 @03:47

Kearifan Lokal dalam Pesindhenan

Menggali Unsur Kearifan Lokal dalam Cakepan Pesindhenan

selengkapnya...

Wed, 11 Jan 2012 @03:20

Dunia Wayang dan Orde baru

Dunia Wayang dan Kekuasaan Orde Baru

selengkapnya...

Sun, 8 Jan 2012 @19:40

Lingkungan Wayang

Lingkungan dan Ekosistem Wayang

selengkapnya...

Sun, 8 Jan 2012 @19:32

Sejarah Singkat Wayang

Sejarah dan Asal-usul wayang

selengkapnya...

Sun, 8 Jan 2012 @19:27

Pakeliran Adiluhung ke Glamour

Pagelaran Wayang dalam Perubahan Budaya

selengkapnya...

Sun, 8 Jan 2012 @19:20

Unsur Islam dalam Wayang

Perkembangan Jaman dan Unsur Islam dalam Wayang

selengkapnya...

Sun, 8 Jan 2012 @11:47

UNESCO untuk Wayang

Penganugerahan UNESCO untuk Wayang

selengkapnya...

Sun, 8 Jan 2012 @11:39

Wayang Wong

Wayang Wong atau Wayang Orang

selengkapnya...

Sun, 8 Jan 2012 @11:34

Mahabharata dan Ramayana

Uraian Ringkas tentang Mahabharata dan Ramayana

selengkapnya...

Sun, 8 Jan 2012 @11:30

Wayang dalam Perubahan

Wayang: Dibalik Bayang-bayang Perubahan

selengkapnya...

Sun, 8 Jan 2012 @11:17

Filosofi dan makna Wayang

Makna Wayang Sastra dan Negara

selengkapnya...

Sun, 8 Jan 2012 @11:11

Perkembangan Wayang

Setelah saya konfirmasikan kepada panitia, judul makalah ini saya terima dan gunakan sesuai dengan permintaan DPH SENA WANGI (Dewan Pimpinan Harian SEKRETARIAT NASIONAL PEWAYANGAN NASIONAL). Ada kesan (mudah-mudahan tidak benar) bahwa wayang bukan teater sehingga konsep seni teater diharapkan bisa memberi kontribusi terhadap perkembangan seni pewayangan.

selengkapnya...

Sat, 7 Jan 2012 @02:10

Makna Gunungan

Makna Gunungan dalam Pagelaran Wayang Kulit

selengkapnya...

Sat, 7 Jan 2012 @02:01
Tags: gunungan

Sejarah Perkembangan Kesenian Wayang

Sejarah atauasal-usul wayang sanget menarik untuk diteliti. Kesenian wayang dalam bentuknya yang asli timbul sebelum kebudayaan Hindu masuk di Indonesia dan mulai berkembang pada zaman Hindu-Jawa. Pertunjukan kesenian wayang merupakan sisa-sisa upacara keagamaan orang Jawa, yaitu sisa-sisa dari kepercayaan animisme dan dinamisme.

selengkapnya...

Sat, 7 Jan 2012 @01:44

Peralihan Kepengurusan Sena Wangi

Peralihan Kepengurusan SENA WANGI Tak Terasa 12 Tahun Sudah Bapak Solichin Memimpin Kepengurusan Sekretariat Nasional Wayang Indonesia (SENA WANGI). Berbagai Terobosan Telah Dilakukan Pak Solichin Semenjak Menjabat Tahun 1999 Lalu. Jelas Banyak Sekali Tantangan Yang Beliau Hadapi. Mulai Dari Persoalan Internal Sampai Tantangan Eksternal Seperti Semakin Rendahnya Minat Masyarakat Terhadap Wayang, Sebuah Budaya Adiluhung Yang Asli Peninggalan Leluhur.

selengkapnya...

Fri, 16 Dec 2011 @16:15

UPACARA RUWATAN DALAM MASYARAKAT JAWA SEKARANG

image

Andaikata Syiwa (Batara Guru) Dapat Menahan Birahi, Misalkan Saja Spermanya Tidak Memancar Dan Jatuh Ke Laut, Umpama Ia Bukan Pembesar Para Dewa Dan Dewi, Serta Jika Saja Batara Kala Tidak Lahir Dan Tidak Dituding Sebagai Biang Keladi Segala Kerusakan Insani, Maka Ruwatan Tidak Akan Menjadi Bahan Pembicaraan Berkepanjangan. Meskipun Cerita Murwakala Hanya Berdasarkan Pada Tradisi Lisan Dan Mitos Masyarakat Jawa Lama, Kenyataannnya Upacara Ruwatan Melalui Pertunjukan Wayang Masih Berlangsung Sampai Sekarang. Sebagai Sebuah Pertunjukan, Wayang Kulit Purwa Memiliki Kekuatan Sangat Luar Biasa, Terutama Daya Pikatnya Kepada Penonton. Oleh Sebab Itulah, Kedudukan Dalang Menjadi Sangat Kharismatik Dan Pakelirannya Menjadi Sangat Sentral Di Kehidupan Orang Jawa Masa Lampau. Pakeliran Merupakan Media Yang Paling Solid Serta Efektif Untuk Dimanfaatkan Berbagai Kepentingan; Dakwah Agama, Propoganda Politik, Pendidikan Moral, Penerangan, Upacara, Dan Sebagainya.

selengkapnya...

Tue, 13 Dec 2011 @22:40

SEKILAS TENTANG SEJARAH DAN PERKEMBANGAN WAYANG KULIT PURWA

Sejarah Dan Perkembangan Wayang Kulit Purwa Atau Yang Lebih Dikenal Dengan Wayang Kulit Baik Bentuk Maupun Ceritanya Tidak Terekam Secara Akurat Dalam Sumber-Sumber Sejarah. Ketidakakuratan Ini Menimbulkan Spekulasi Yang Beraneka Ragam. Mengenai Asal-Usul Wayang Misalnya, Sebagian Ahli Dengan Tegas Menyatakan Wayang Adalah Kesenian Asli Indonesia. Teori Yang Paling Populer Menyatakan Sebelum Hindu Datang Bangsa Indonesia Telah Mengenal Pertunjukan Bayang-Bayang. Semula Pertunjukan Itu Adalah Pertunjukan Ritual Untuk Pemujaan Roh Nenek Moyang. Dalang Yang Berfungsi Sebagai Syaman Memiliki Tanggung Jawab Untuk Melukiskan Kehebatan Nenek Moyang Yang Kemudian Ditampilkan Dalam Pertunjukan Bayangan. Ketika Hindu Datang, Terjadilah Percampuran Jawa-Hindu, Sehingga Wayang Jawa Diisi Dengan Cerita-Cerita Hindu Yaitu Epos Mahbhrata Dan Ramayana.

selengkapnya...

Sat, 10 Dec 2011 @13:02

GUMELARE JAGAD PEWAYANGAN KANGGO NYUKSESAKE PARIWISATA ANA JAWA TENGAH

Ngrembug Bab Pariwisata Becike Ora Mung Mligi Katujokak Kanggo Wisatawam Manca Negara Wae. Ora Kalah Pentinge Yen Disambungake Kanggo Para Pelancong Domestik Utawa Lokal. Geneya? Para Wisatawan Asing Kaya-Kaya Wis Dadi Duweke Provinsi Liya, Mligine DIY Lan Bali. Sabab, Ora Bisa Diselaki, Menawa Pengelola Jagad Pariwisata Ana DIY Lan Bali Anggone Mromosekake Luwih Baut, Wasis, Profesional, Lan Greget Katimbang Jawa Tengah. Mula Saka Kuwi, Ora Jeneng Mokal Menawa Para Investor Luwih Seneng Nimbrung Ana Rong Provinsi Kasebut.

selengkapnya...

Sat, 10 Dec 2011 @12:12

MISTERI RISANG ARJUNA-RAHASIA JAGAT WAYANG

image

Dunia Wayang, Bagi Orang Jawa Masa Lalu, Dipandang Sebagai Sarana Untuk Meng-Ungkap Kebutuhan Manusia Meliputi Peribadatan (Devosional), Moral (Ethika), Keindahan Seni (Estetika), Dan Hiburan. Dengan Demikian Wayang Bukan Sekedar Tontonan Tentang Perilaku Boneka Sebagai Presentasi Dari Seseorang Atau Kelompok Orang-Orang, Maka Saya Tidak Setuju Kalau Pakeliran Disebut Dengan Pertunjukan Boneka (Teater Marionnet, Puppet). Saya Juga Tidak Sependapat Apabila Pertunjukan Wayang Disebut Dengan Shadow Play, Sebab Pakeliran Tidak Hanya Dapat Dinikmati Melalui Bayangan; Tetapi Dari Arah Mana Saja Bergantung Tujuan Dan Kepentingan Masing-Masing Penikmat Atau Penonton Wayang. Pemberian Sunggingan Warna-Warni Pada Vigur Wayang Merupakan Salah Satu Petunjuk Bahwa Pertunjukan Wayang Tidak Hanya Dinikmati Bayangannya.

selengkapnya...

Sat, 10 Dec 2011 @02:04

« 1 2

Copyright © 2014 Pepadi Jateng · All Rights Reserved